Rabu, 14 Januari 2015

Tugas Softskill Kelompok

1.    Jelaskan dan sebutkan 3 roda analisis konsumen
Roda analisis konsumen adalah kerangka kerja yang digunakan marketer untuk meneliti, menganalisis, dan memahami perilaku konsumen agar dapat menciptakan strategi pemasaran yang lebih baik.Roda analisis konsumen terdiri dari tiga elemen: afeksi dan kognisi, lingkungan, dan perilaku.
a.      Elemen feksi dan kognisi
Elemen pertama adalah feksi dan kognisi. Feksi merujuk pada perasaan konsumen terhadap suatu stimuli atau kejadian, misalnya apakah konsumen menyukai sebuah produk atau tidak. Kognisi mengacu pada pemikiran konsumen, misalnya apa yang dipercaya konsumen dari suatu produk. Feksi dan kognisi berasal dari sistem yang disebut sistem feksi dan sistem kognisi. Meskipun berbeda, namun keduanya memiliki keterkaitan yang sangat kuat
b.      Lingkungan
Menurut Peter dan Olson (1999), lingkungan konsumen terbagi ke dalam 2 macam, yaitu lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Lingkungan sosial adalah semua interaksi sosial yang terjadi antara konsumen dengan orang sekelilingnya atau antara banyak orang. Lingkungan sosial adalah orang-orang lain yang berada di sekeliling konsumen dan termasuk perilaku dari orang-orang tersebut.
Berdasarkan kedekatannya dengan konsumen, lingkungan konsumen terbagi dalam lingkungan makro dan lingkungan mikro. Lingkungan mikro adalah lingkungan yang sangat dekat dengan konsumen, yang berinteraksi langsung dengan konsumen. Lingkungan mikro akan mempengaruhi perilaku, sikap, dan kognitif konsumen tertentu secara langsung. Keluarga yang tinggal dengan konsumen adalah lingkungan mikro. Pengaruh pribadi sebagai konsumen, perilaku kita kerap dipengaruhi oleh mereka yang berhubungan erat dengan kita. Kita mungkin berespon terhadap tekanan yang dirasakan untuk menyesuaikan diri dengan norma dan harapan yang diberikan oleh orang lain. Kita pun menghargai orang-orang disekeliling kita untuk nasihat mereka mengenai pilihan pembelian. Keluarga kerap merupakan unit pengambilan keputusan utama. Keluarga dapat membuat seseorang membeli sesuatu yang sesuai dengan keinginan keluarga. Karena keluarga merupakan posisi awal seseorang memulai sebuah proses sosialisasi. Perilaku konsumen akan berubah juga jika situasi berubah. Perubahan tersebut dapat diprediksi melalui penelitian dan dimanfaatkan dalam strategi. Lingkungan makro adalah lingkungan yang jauh dari konsumen. Lingkungan makro berskala luas, seperti sistem politik dan hukum, ekonomi, sosial, budaya. Contoh : Pada saat lebaran masyarakat biasanya membeli ketupat karena itu sudah menjadi tradisi di Indonesia saat lebaran makanan yang harus ada adalah ketupat.
Lingkungan fisik adalah segala sesuatu yang berbentuk fisik di sekeliling konsumen. Yang termasuk lingkungan fisik adalah beragam produk, toko, lokasi toko, dan lain-lain. Contoh : Suatu rumah makan yang bersih dapat menarik konsumen untuk membeli makanan di rumah makan tersebut. Lingkungan (environment) mengacu pada rangsangan fisik dan sosial yang kompleks di dunia eksternal konsumen. Termasuk didalamnya benda-benda, tempat, dan orang lain yang mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumen serta perilakunya.
Bagian penting dari lingkungan adalah rangsangan fisik dan sosial yang diciptakan oleh pemasar untuk mempengaruhi konsuman. Termasuk didalamnya adalah produk, iklan, pernyataan verbal oleh salesman, labelharga, lampu tanda, dan toko. Semua hal tersebut sangat diperlukan dalam memahami perilaku konsumen (Peter dan Olson, 1999).
c.       Perilaku
Keyakinan dan rasa suka pada suatu produk akan mendorong konsumen melakukan tindakan sebagai wujud dari keyakinan dan perasaannya (Ferrinadewi, 2008). Komponen ini adalah respon dari seseorang terhadap objek atau aktivitas. Seperti keputusan membeli atau tidaknya suatu produk yang merupakan tindakan nyata yang dapat diobservasi secara langsung. Sebagian dari perilaku konsumen seperti memandangi produk di rak, memungut dan meneliti bungkus, mengarahkan roda kereta dan seterusnya tidak akan menarik perhatian seorang manajer pemasaran, beberapa perilaku memiliki pengaruh penting bagi afeksi dan kognisi konsumen serta pembelian dadakan yang dilakukan, contohnya jika tidak melalui lorong tempat sereal sarapan dijual, konsumen tidak akan melihat dan membeli sereal yang dijual.(Peter dan Olson, 1999). Contoh : Seorang petani membeli pupuk di gapoktan karena digapoktan menyediakan pupuk dengan harga murah dan bisa membayar setelah panen, petani bisa saja membeli pupuk dari toko pertanian tetapi harga di toko pertanian lebih mahal walaupun di toko pertanian lebih tersedia berbagai macam pupuk. Jadi suatu perilaku dapat timbul karena adanya proses afeksi (perasaan) dan kognisi (pemikiran). Seseorang dikatakan berperilaku karena mempunyai perasaan dan pemikiran tertentu, sehingga dapat menimbulkan suatu tindakan melihat dan bahkan juga membeli suatu produk.


2.   Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian secara online (bukalapak.com):
Untuk dapat mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian konsumen secara online pada bukalapak.com tentunya harus diuraikan terlebih dahulu bagaimana proses jual beli pada situs tersebut, dari situ tentunya akan ada kelebihan – kelebihan tertentu yang membuat konsumen membeli secara online pada bukalapak.com.
Berikut adalah uraian proses jual beli pada bukalapak.com :
Pembeli dapat mencari barang yang ia inginkan di form mesin pencari Bukalapak dengan memasukkan nama barang yang diinginkan.
Setelah menemukan barang diinginkan pembeli dapat membelinya dengan dua cara, yaitu :
·         Tanpa registrasi dengan menggunakan fitur Quick Buy. 
·         Menggunakan akun yang telah didaftarkan di Bukalapak. Untuk membeli barang, pembeli tinggal menekan tombol “Beli” di lapak penjual. Kemudian melengkapi data pesanan di halaman data pengiriman dan mengikuti langkah selanjutnya yang tertera di halaman tersebut.
Jika pembeli ingin membeli lebih dari satu barang dari penjual yang sama pembeli dapat memesan melalui keranjang belanja. Hal tersebut memungkinkan penggabungan ongkos kirim sehingga lebih hemat. Pembeli hanya perlu menekan tombol "Beli" pada lapak penjual, dan secara otomatis barang pesanan akan ditambahkan ke keranjang belanja. Jika pembeli sudah setuju untuk membeli dengan pesanan yang telah dimasukkan ke dalam keranjang belanja. Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui beberapa cara:
Ø  Buka Dompet
BukaDompet adalah sebuah dompet virtual yang dimiliki oleh setiap pengguna Bukalapak. Fitur ini berguna untuk menyimpan dana hasil penjualan (remittance) dan dana hasil pengembalian transaksi (refund).
Ø  Mandiri  Clickpay
Mandiri Clickpay adalah fitur pembayaran dari Bank Mandiri Debit. Pengguna Bukalapak sekaligus nasabah Bank Mandiri (rekening maupun kartu kredit) bisa menggunakan fasilitas ini untuk melakukan pembayaran dengan memasukkkan 16 digit kode validasi dari token Bank Mandiri milik Anda.
Ø  BCA KlikPay
BCA KlikPay adalah fitur pembayaran dari BCA yang bisa digunakan untuk bertransaksi di Bukalapak. Syarat utama untuk menggunakan fasilitas ini adalah pengguna Bukalapak sudah terdaftar sebagai pemilik Klik BCA Individu atau BCA Card.
Ø  CIMB Clicks
CIMB Cicks adalah fitur pembayaran dari Bank CIMB Niaga yang bisa digunakan untuk bertransaksi di Bukalapak. Syarat utama untuk menggunakan fasilitas ini adalah pengguna Bukalapak sudah terdaftar sebagai User CIMB Clicks dan sudah mendaftarkan PIN Anda.
Ø  Transfer
Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui transfer dana ke rekening Bank BCA, BNI, BRI, dan Mandiri atas nama PT. Bukalapak.com.
Kemudian ada beberapa peraturan tambahan dalam proses jual beli, yaitu sebagai berikut :
§   Pembeli tidak diperkenankan untuk membatalkan transaksi jika sudah melakukan pembayaran.
§   Jika pembeli belum menerima barang pada hari yang sudah diperkirakan sesuai tanggal kirim barang maka, Pembeli dapat melakukan pengecekan nomor resi pengiriman yang diberikan oleh penjual di halaman transaksi setelah barang dikirim. 
§   Jika nomor resi benar, tapi barang tak kunjung diterima, segera hubungi pihak kurir perihal status pengiriman terkini. Bukalapak akan menahan dana hingga pembeli menerima barang pesanan atau ada kesepakatan/ klausul tertentu antara pembeli dan penjual terkait proses transaksi.
§   Kemudian, jika nomor resi pengiriman yang diberikan oleh penjual salah atau tidak ditemukan di dalam sistem pencarian kurir, pembeli dapat langsung menghubungi penjual untuk mendapatkan nomor resi yang benar. Jika merasa kesulitan untuk menghubungi penjual,  pembeli bisa meminta bantuan Bukalapak untuk mendapatkan nomor resi yang benar.
§   Terakhir, Pembeli dapat melakukan pengembalian barang (retur) hanya jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi di lapak penjual. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengajukan retur:

1.      Lakukan konfirmasi barang diterima
2.      Akan ada pertanyaan tentang pengembalian barang. Anda bisa pilih "Ya" jika ingin melakukan retur karena barang tidak sesuai deskripsi. Namun, jika puas, Anda bisa memilih "Tidak".
3.      Anda kemudian diminta untuk mengirim pesan di diskusi pengembalian barang perihal detail transaksi. Seluruh proses komunikasi antara penjual dan pembeli akan dipantau oleh Bukalapak.Pengajuan retur tidak akan diproses jika tidak mengikuti langkah-langkah di atas. Bukalapak akan tetap menahan dana hingga ada kesepakatan antarpengguna (penjual dan pembeli) perihal kelanjutan proses retur.
Dari penjelasan mengenai jual beli yang ada pada situs bukalapak.com dapat disimpulkan beberapa alasan yang menjadi faktor yang mempengaruhi konsumen membeli pada bukalapak.com :
Perubahan jaman yang telah memasuki era digital mengakibatkan perubahan teknologi yang digunakan dalam proses jual beli (secara umum).
Tingkat kepercayaan konsumen terhadap situs tersebut bukalapak.com juga ikut ambil bagian dalam proses pertimbangan konsumen mengapa memilih situs bukalapak.com dalam membeli barang secara online.
Kualitas informasi yang ada pada setiap „thread“ penjualan pun membuat konsumen menjadi tidak ragu untuk melakukan pembelian.
Keragaman barang yang dijual pun menjadi pertimbangan, kelengkapan barang yang dijual di situs tersebut termasuk salah satu faktor yang membuat konsumen menjatuhkan pilihannya pada bukalapak.com.
Kemudahan dalam bertransaksi dalam proses jual belinya pun sangat baik dikarenakan banyak metode dan cara pembayaran dalam proses jual beli, sehingga memudahkan konsumen yang tentunya memiliki cara yang berbeda – beda dalam melakukan pembayaran.
Peraturan – peraturan lain yang diterapkan di situs bukalapak.com pun tidak berat sebelah dalam artian antara penjual dan pembeli mendapat keuntungan yang sama besarnya.
Tingkat keamanan dalam bertransaksinya pun bagus dikarenakan ada ketentuan dan syarat yang jelas mengenai bagaimana bertransaksi agar sama – sama menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar