Kamis, 05 November 2015

Balita Sehat dan Tangkas


Balita sehat menjadi keinginan semua orang tua. Dengan mengetahui bahwa kesehatan balita anda dalam keadaan yang baik dan terjaga maka akan menimbulkan perasaan senang dan tenang pada kedua orang tuanya. Jika kesehatan putra dan putri anda sudah terjaga sejak usia balita maka mereka nantinya juga akan tumbuh menjadi anak-anak yang sehat sampai usia dewasa. Untuk mengetahui kesehatan balita anda dapat memperhatikan dari tingkah polahnya setiap hari. Ada berbagai ciri-ciri balita yang sehat. Seorang balita yang sehat akan terlihat sangat menggemaskan dan lucu serta memiliki beragam keunggulan apabila dibandingkan dengan  balita lainnya. Sangatlah penting bagi ibu untuk mengetahui tanda-tanda balita yang sehat, cara menjaga kesehatan mereka dan cara untuk melatih kecerdasan balita sejak dini. Hal tersebut perlu dilakukan untuk nantinya akan hadir manusia-manusia yang sehat baik fisik maupun kecerdasannya.Tanda-tanda kesehatan balita dapat dilihat melalui:

1.      Ketangkasan fisik balita
Setiap balita yang mempunyai kesehatan fisik secara baik akan mampu melakukan beragam hal yang berhubungan dengan fisiknya. Balita yang sehat terbiasa untuk bergerak lincah, ceria dan aktif bergerak dan bermain. Hal ini menandakan bahwa kesehatan fisik balita sedang dalam keadaan sehat dan bugar. Balita yang sehat merupakan balita yang tangkas, dinamis dan ceria. Mereka sangat aktif bergerak dan berceloteh. Misalnya, ia mampu mencengkeram mainannya dengan baik, mampu menaiki tangga, dan berlatih duduk di kursi dengan tepat, serta memiliki pergerakan badan yang lincah.Dengan bergerak aktif, sebenarnya balita sedang melatih kekuatan dan kelenturan ototnya, sehingga menjadi semakin kuat dan lentur. Maka anda harus waspada bila buah hati anda tiba-tiba merasa lesu dan cenderung pasif tidak mau melakukan apa-apa. Karena bisa jadi dia sedang merasa tidak enak badan tetapi tidak mengatakannya.

  1. Memori yang baik
Salah satu tanda-tanda  balita sehat yaitu memiliki memori atau ingatan yang tajam. Usia balita merupakan usia dimana perkembangan syaraf otak berjalan dengan sangat pesat. Termasuk bagian syarf otak yang berfungsi sebagai tempat menyimpan memory. Karenanya memory balita pada usia balita sangat baik dalam mengingat semua hal yang ada di sekitarnya. Mereka bisa mengingat apa pun dengan baik bahkan untuk hal-hal yang kecil sekali pun. Memory pada usia balita bisa diibaratkan seperti spons yang mampu menyerap semua hal di sekitarnya.
  1. Mampu berimajinasi
Setiap balita dengan sehat akan mempunyai daya imajinasi yang bagus. Mereka mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya menggunakan imajinasi yang kadang justru tidak terpikirkan oleh orang dewasa. Mereka mampu memberikan bayangan tentang sesuatu di saat yang lain (orang dewasa) tidak mampu membayangkannya. Pada balita yang sehat juga memiliki pemahaman yang  baik terhadap suatu penjelasan verbal dan beragam hal mengenai keadaan di sekitarnya sehari-hari.
  1. Pertumbuhan fisik yang baik
Seorang balita yang sehat tentu saja akan tumbuh dan berkembang dengan baik, terutama secara fisik. Pertumbuhan fisik yang dimaksudkanyaitu pertumbuhan berat yang ideal dan pertumbuhan tulang dan gigi yang sempurna. Orang tua seringkali bangga jika mempunyai seorang balita yang gemuk dan menggemaskan. Akan tetapi sebagai orang tua anda tetap harus waspada jika anak bertambah berat badannya secara berlebihan. Bisa jadi hal tersebut menjadi tanda-tanda awal terjadinya obesitas pada balita anda dan beresiko mengidap berbagai penyakit yang berbahaya. Segera konsultasikan ke dokter ahli bila balita anda mengalami gejala obesitas. Penanganan sejak dini dapat menurunkan resiko terkena obesitas.
  1. Perkembangan kemampuan bicara
Pada usia balita, bayi telah memasuki usia belajar berbicara dan mampu berceloteh serta akan terus belajar, terus memahami kosakata yang baru dalam bahasa sehari-hari yang ada di sekitar mereka. Lancar atau tidaknya dalam perkembangan mempelajari bahasa dapat dilihat ketika anak sudah mampu mengucapkan nama lengkap, dan beragam kosakata dan benda-benda yang ada disekitarnya.
Bila anda mempunyai balita, maka sudah seharusnya urusan kesehatannya menjadi prioritas. Pada usia balita terjadi perkembangan yang pesat pada kondisi tubuh balita. Ditambah juga pada usia balita, mereka sangat rentan terhadap penyakit dikarenakan sistem pertahanan imun tubuhnya yang belum dapat bekerja maksimal. Setelah anda mengetahui berbagai tanda dan ciri balita yang sehat, maka sebaiknya anda juga mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan balita anda sehingga bisa terus aktif serta tumbuh dan berkembang dalam kondisi tubuh yang sehat.Dan berikut ini merupakan beberapa cara untuk menjaga kesehatan balita anda yangsangat penting diketahui oleh para orang tua agar menghindarkan buah hati dari resiko terserang penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar